blog ini merupakan blog duta bahasa, berisi segala informasi mengenai pemilihan duta bahasa, berita-berita seputar para duta, kegiatan para duta dan pemikiran-pemikirannya.
 

01 November 2012

Duta Bahasa, Cermin Pemuda Peduli Bahasa Indonesia

0 komentar

JAKARTA - Duta adalah seseorang yang menjadi wakil pada bidang tertentu. Tugasnya, tentu saja, mempromosikan bidang yang diwakilinya. Tidak hanya sebatas ucapan, tetapi juga melalui perilaku. 

Salah satu duta yang dimiliki Indonesia adalah duta bahasa. Setiap tahun, Badan Bahasa Kemendikbud menggelar pemilihan duta bahasa untuk mengampanyekan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar, sekaligus menjaga kelestarian bahasa pemersatu bangsa ini. 

Duta Bahasa Nasional dari DKI Jakarta Hendri Rifai menilai, duta bahasa adalah representasi pemuda yang memiliki kepekaan terhadap bahasa Indonesia. Menurutnya, menjadi duta bahasa berarti harus peduli akan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar.  

"Duta bahasa turut berperan dalam upaya membina, melindungi, dan mengembangkan bahasa Indonesia dan membantu badan atau balai bahasa dalam upaya mengampanyekan penting dan luhurnya bahasa Indonesia," ungkap Hendri kepada Okezone. 

Pria kelahiran 1991 ini menjelaskan, duta bahasa sudah seharusnya diseleraskan dengan duta lainnya seperti duta antinarkoba dan duta lingkungan. "Dengan begitu, bahasa Indonesia akan memiliki kedudukan yang aman sebagai bahasa persatuan sehingga tidak dilunturkan dengan penggunaan bahasa asing yang berlebihan," imbuhnya tegas.

Meski belum terpilih sebagai Duta Bahasa Nasional 2012, Hendri mengaku sangat beruntung dapat mengikuti rangkaian kegiatan pemilihan duta bahasa nasional tersebut. Selama lima hari karantina, mahasiswa Universitas Negeri Jakarta (UNJ) dan para finalis dari berbagai daerah di Tanah Air mempelajari banyak hal dan mengikuti berbagai ujian kemahiran berbahasa Indonesia. 

Pemilihan duta bahasa ini merupakan acara rutin yang diselenggarakan Badan Bahasa Kemendikbud. Tahun ini 25 provinsi Indonesia ikut ambil bagian dalam ajang tersebut. I Gede Wahyu Adi Raditya dan pasangannya Kadek Ridoi Rahayu dinobatkan sebagai pemenang pertama pemilihan Duta Bahasa Nasional 2012. Sedangkan finalis lainnya di antaranya berasal dari Sumatera Barat, Sulawesi Tenggara, Kalimantan Tengah, Sumatera Utara, dan DI Yogyakarta.

Berita kiriman
Annisa Riris Saputri 
Mahasiswa Sastra Inggris 
Fakultas Bahasa dan Seni 
Universitas Negeri Jakarta (UNJ)(//rfa)

0 komentar: