blog ini merupakan blog duta bahasa, berisi segala informasi mengenai pemilihan duta bahasa, berita-berita seputar para duta, kegiatan para duta dan pemikiran-pemikirannya.
 

22 Juli 2009

Aini Rahmania, Terpilih Sebagai Duta Bahasa Jawa Timur 2009

0 komentar

Bertambah satu lagi mahasiswi Teknik Informatika ITS Surabaya menorehkan sebuah prestasi yang membanggakan. Duta Bahasa Jawa Timur 2009, adalah prestasi yang diraih oleh mahasiswi yang memiliki nama lengkap Aini Rahmania K.F. Mahasiswi yang akan menginjak semester 5 ini, mewakili ITS Surabaya dalam ajang Pemilihan Duta Bahasa Jawa Timur 2009 yang diselenggarakan oleh Balai Bahasa Surabaya. Perlu diketahui, ajang ini merupakan ajang tahunan untuk memilih putra putri terbaik dari Jawa Timur yang dinilai memiliki kemampuan berbahasa Indonesia, bahasa daerah, dan bahasa Inggris yang baik, memiliki penampilan menarik,dan mampu berbicara di depan publik secara baik.

Peserta dalam kontes ini ialah pasangan duta bahasa dari masing-masing universitas di Jawa Timur. Dari para peserta tersebut, dipilih satu mahasiswa dan mahasiswi untuk menjadi Duta Bahasa Jawa Timur dan nantinya akan mewakili Propinsi Jawa Timur dalam ajang Pemilihan Duta Bahasa Tingkat Nasional.Dalam menjadi Duta Bahasa,setidaknya ada 3 tahap penilaian yang harus dilewati dara berusia 20 tahun ini. Tahapan penilaian tersebut antara lain yang pertama, tes Uji Kemampuan berbahasa Indonesia. Tes ini persis TOEFL tapi bahasa Indonesia, tes yang dilalui meliputi tes tulis(writing),mendegarkan (listening),membaca (reading), serta tes struktur dan gramatikal bahasa Indonesia. Yang kedua, tes wawancara bersama 3 juri, juri pertama menguji kemampuan berbahasa Indonesia, juri kedua menguji wawasan kebahasaan daerah, juri ketiga menguji wawasan kebahasaan bahasa asing. Dan tahap terakhir tes presentasi,tes ini layaknya miss Indonesia. Jadi, para kontestan mengambil pertanyaan dari undian, kemudian langsung menjawab pertanyaan tersebut di depan para juri dan audiens on the spot.

Setelah mengalami seleksi yang cukup ketat, terpilihlah Aini dari ITS Surabaya bersama Lukman dari Malang. Para duta yang terpilih berhak mendapatkan hadiah uang tunai sebesar Rp 1.500.000,- dan juga sudah mulai aktif dengan kegiatan kebahasaan, seminar-seminar beserta kongres kebahasaan, dan tak kalah pentingnya yaitu persiapan menuju ajang Duta Bahasa Indonesia di tingkat nasional.

Kami, Himpunan Mahasiswa Teknik Computer - Informatika ITS Surabaya mengucapkan Selamat atas terpilihnya Aini Rahmania K.F. (C-17) sebagai Duta Bahasa Jawa Timur 2009.

Sumber : www.hmtc-its.org, 2 Juli 2009

0 komentar: