blog ini merupakan blog duta bahasa, berisi segala informasi mengenai pemilihan duta bahasa, berita-berita seputar para duta, kegiatan para duta dan pemikiran-pemikirannya.
 

27 Agustus 2011

Duta Bahasa Provinsi Bali 2011

0 komentar
Rangkaian kegiatan Pemilihan Duta Bahasa Provinsi Bali 2011 telah berakhir. Kegiatan yang dimulai 18 April, saat dibukanya pendaftaran peserta dan ditutup pada 8 Juli ini diakhiri pada 12 Agustus 2011 saat acara final diselenggarakan.

Tes UKBI (Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia) diikuti oleh 25 peserta yang lolos di babak seleksi makalah. Tes yang diselenggarakan pada 29 Juli ini sebagai penentu masuk tidaknya peserta ke babak selanjutnya. Akumulasi nilai makalah dan UKBI menghasilkan 12 peserta terbaik, 6 peserta putri dan 6 peserta putra.

Babak pembekalan dan seleksi diadakan pada 8—9 Agustus yang diikuti oleh keenam pasang finalis. Dewan juri terdiri atas Drs. C. Ruddyanto, M.A. (Kepala Balai Bahasa Denpasar), Drs. I Made Madia, M.Hum., dan I G. A. A. Mas Tri Adnyani, S.S., M.Hum. (keduanya adalah dosen Fakultas Sastra Universitas Udayana).

Acara final diadakan pada 12 Agustus 2011 di Balai Bahasa Denpasar. Duta Bahasa yang terpilih adalah I Made Subagiarta dari Universitas Udayana dan Ni Nyoman Ayu Suciartini dari Universitas Pendidikan Ganesha.

Hasil lengkap Pemilihan Duta Bahasa Tingkat Provinsi Bali Tahun 2011 sebagai berikut.

Juara I
I Made Subagiarta (Fakultas Kedokteran, Universitas Udayana)
Ni Nyoman Ayu Suciartini (Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Pendidikan Ganesha)

Juara II
I Putu Ariek Mahardika Putra (STP Nusa Dua Bali)
Lina Pratica Wijaya (Fakultas Sastra, Universitas Udayana)

Juara III
Donnie Weda Dharmawan (PGSD, Universitas Pendidikan Ganesha)
Ni Luh Ayu Eka Suari, S.Pd. (Alumni IKIP PGRI Bali)

Juara harapan I
I Komang Mertayasa (STP Nusa Dua Bali)
Ni Putu Sugilastini (Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas Pendidikan Ganesha)

Juara harapan II
I Gst. Ngr. Md. Yudhi Saputra (STIKES Wira Medika)
Ni Wayan Yulia Wati (IKIP Saraswati Tabanan)

Juara harapan III
Dewa Putu Agus Widiasa (IKIP PGRI Bali)
Putu Arie Wulandari (STIKES Bali)

Dengan demikian, I Made Subagiarta dan Ni Nyoman Ayu Suciartini akan mewakili Bali pada Pemilihan Duta Bahasa Tingkat Nasional yang akan diselenggarakan pada bulan Oktober tahun ini.

0 komentar: