blog ini merupakan blog duta bahasa, berisi segala informasi mengenai pemilihan duta bahasa, berita-berita seputar para duta, kegiatan para duta dan pemikiran-pemikirannya.
 

13 Oktober 2010

Lagi, KBPL Gelar Duta Bahasa 2010

0 komentar
BANDARLAMPUNG – Kantor Bahasa Provinsi Lampung (KBPL) kembali mengelar pemilihan Duta Bahasa 2010. Ajang bergengsi ini ditujukan untuk pelajar dan mahasiswa yang memiliki talenta kuat serta kemampuan intelektual tinggi.

Ketua Panitia Pelaksana Ninawati Syahrul menjelaskan, kegiatan ini bertujuan mendapatkan generasi-generasi muda yang tangguh di bidang kebahasaan, sekaligus ajang pengenalan budaya Lampung ke tingkat nasional. ’’Duta bahasa yang terpilih akan mewakili Lampung dalam Pemilihan Duta Bahasa Bahasa Tingkat Nasional di Pusat Bahasa, Jakarta,’’ katanya belum lama ini.

Karena itu, lanjut Nina, duta bahasa memiliki tanggung jawab yang besar untuk membawa harum Lampung ke tingkat nasional. Beberapa tahun lalu, wakil Lampung bahkan menorehkan prestasi sebagai juara II duta bahasa tingkat nasional. ’’Kami menargetkan tahun ini gelar tersebut dapat kita raih kembali,” yakinnya.

Ia mengakui, selama ini duta bahasa telah berperan cukup baik dalam pemasyarakatan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar serta pengenalan seni dan budaya termasuk bahasa Lampung. Khususnya di kalangan remaja dan generasi muda di Bandarlampung.

Selain itu, keberadaan duta bahasa Provinsi Lampung itu juga telah mendukung peran dan fungsi KBPL dalam memasyarakatkan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Sekaligus mendorong pelestarian bahasa daerah Lampung serta pengenalan seni dan budaya daerahnya.

Sebagai informasi, pendaftaran duta bahasa ini telah dibuka sejak 25 Agustus–10 Oktober 2010. Tempat pendaftaran dilakukan di KBPL di Jalan Beringin No. 40 Kompleks Gubernuran, Telukbetung, Bandarlampung.

Adapun persyaratan yang diperlukan, antara lain menguasai bahasa Indonesia; memiliki wawasan budaya Lampung yang memadai; berusia 17–25 tahun; berpenampilan menarik; memiliki tinggi dan berat badan ideal; menyerahkan fotokopi KTP atau identitas lain yang sah; serta menyertakan foto warna close-up.

Tahap seleksi kebahasaan berlangsung pada 11 Oktober. Berdasarkan tes inilah, nantinya dipilih 30 peserta terdiri atas 15 putra dan 15 putri yang masuk babak final pada 14 Oktober. Malam penobatan dilaksanakan di Hotel Seraton pada 15 Oktober. (ade)

Sumber: Radar Lampung, 27 September 2010

0 komentar: