blog ini merupakan blog duta bahasa, berisi segala informasi mengenai pemilihan duta bahasa, berita-berita seputar para duta, kegiatan para duta dan pemikiran-pemikirannya.
 

01 Oktober 2011

FADHIL DAN PUTRI DUTA BAHASA ACEH 2011

0 komentar

BANDA ACEH - Pasangan M Fadhil Achyari dan Putri Arimbi Siregar, terpilih sebagai Duta Bahasa tingkat Provinsi Aceh, setelah menyingkirkan 29 pasangan peserta lainnya dalam Lomba Pemilihan Duta Bahasa yang diselenggarakan Balai Bahasa Banda Aceh pada 6-12 Oktober lalu. 

Dengan kemenangan tersebut, keduanya memastikan diri untuk maju mewakili Aceh di ajang Pemilihan Duta Bahasa tingkat Nasional yang akan diselenggarakan pada 23-29 Oktober mendatang, di Jakarta.

Fadhil dan Putri berhasil keluar sebagai peserta lomba terbaik dalam setiap tahapan di antaranya Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI), pembuatan makalah yang dilanjutkan dengan presentasi, dan wawancara. “Awalnya ada 30 pasang peserta yang ikut lomba ini, termasuk kami pada tahap UKBI pada 6 Oktober 2011,” kata Fadhil kepada Serambi, Kamis (13/10).

Dari tahapan tersebut, lanjutnya, terpilih 10 besar untuk mengikuti tahap pembuatan makalah dan presentasi. Lalu mengkerucut menjadi lima pasang pada grand final untuk mengikuti wawancara. Di tahap ini terpilih empat pasang yang keluar sebagai juara I, II, II, dan favorit. “Kami terpilih sebagai juara I Duta Bahasa Provinsi Aceh,” rinci Fadhil, Kamis (13/10).

Fadhil yang merupakan Duta Wisata Kota Banda Aceh 2010 ini mengatakan sedang giat-giatnya belajar Bahasa Perancis sebagai bekal mencari nilai tambah saat mengikuti lomba di tingkat nasional nanti. 

Sebagai Duta Wisata Kota Banda Aceh 2010, Fadhil yang bercita-cita menjadi diplomat ini juga menguasai tari Saman dan Seudati. Jika sewaktu-waktu diminta menarikan Tari Aceh di tingkat nasional ia menyatakan siap. “Syarat menjadi duta adalah peserta minimal berusia 18 tahun lulus SMA, bisa Bahasa Indonesia, bahasa asing, dan bahasa daerah. Peserta juga harus memiliki kepribadian menarik,” katanya. 

Umumnya peserta memilih bahasa Inggris sebagai bahasa asing. Tapi, ada juga yang pakai Bahasa Arab, Jerman, dan bahasa lain. Yang penting menguasai tiga bahasa salah satunya bahasa asing. “Saya pilih Bahasa Perancis sebagai bahasa tambahannya,” papar Fadhil yang baru saja lulus SMA dan berencana mengikuti program pertukaran pelajar ke Australia awal tahun depan.

Putri Arimbi Siregar menambahkan tugas Duta Bahasa nantinya adalah mempromosikan bahasa, khususnya Bahasa Indonesia kepada generasi muda. “Tugas kita, mempromosikan penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar termasuk mengenalkan kosakata baru,” sebut Mahasiswi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (Fisip) Universitas Syiah Kuala, Jurusan Ilmu Komunikasi ini. (ami)

Sumber: http://aceh.tribunnews.com/2011/10/14/fadhil-dan-putri-duta-bahasa-2011

0 komentar: