blog ini merupakan blog duta bahasa, berisi segala informasi mengenai pemilihan duta bahasa, berita-berita seputar para duta, kegiatan para duta dan pemikiran-pemikirannya.
 

21 Agustus 2012

LIZA DAN RAMA DUTA BAHASA RIAU 2012

1 komentar

PEKANBARU-Liza Febriana Nasution dan Rama Pujangga akhirnya terpilih menjadi duta bahasa tingkat Provinsi Riau periode tahun 2012. Hal itu setelah keduanya berhasil menyisihkan 30 peserta dalam acara final Pemlihan Duta Bahasa Indonesia Tahun 2012 Tingkat Provinsi Riau di Kantor Balai Bahasa Provinsi Riau, Jumat (13/7). "Kedua pemenang, Liza dan Rama berhak mewakili Provinsi Riau nanti dalam ajang pemilihan Duta Bahasa Indonesia Tingkat Nasional  tahun 2012 di Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa di Jakarta. Selain itu pemenang akan mendapatkan uang tunai sebesar Rp2,5 juta dan sertifikat penghargaan dari Balai Bahasa Pekanbaru," papar Arpina dari panitia acara.

Selain memilih pemenang pertama, juri juga menentukan pemenang kedua hingga lima. Tempat kedua putri diraih Reristiani, disusul Vivien Anjadi Suwito, Wilin Julian Sari dan Dana Aswara. Sedangkan untuk kategori putra, juara kedua diraih Iga Tamara disusul Pahmi, Riky Perdana dan Arya Frizandika.

Dalam ajang kemarin, panitia menghadirkan tiga juri. Ketiganya adalah Al Azhar selaku Ketua Harian Lembaga Adat Melayu Riau, Hary B Kori'un selaku jurnalis dan budayawan serta Agus Sri Danardana selaku Kepala Balai Bahasa Riau.

Liza Menurut Hary, dalam memberikan penilaian, kemampuan bahasa peserta menjadi unsur paling penting. Begitu juga permasalahan yang sedang terjadi baik Indonesia mapun di luar negeri serta karya tulis yang dibuat peserta.

Tak Sangka Sementara itu, Liza ketika ditemui mengaku sangat gembira dengan hasil itu. Ia juga mengaku sama sekali tak menyangka akan menjadi pemenang. "Saya tidak menyangka akan menjadi pemenang. Saya sangat bangga karena dengan hal ini saya membawa nama baik Provinsi Riau. Harapan saya sebagai pemenang terpilih semoga dengan ajang ini akan lebih banyak para remaja yang terinspirasi dan terdorong untuk menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar didalam kehidupan sehari-hari-harinya," ujarnya.

Di sisi lain, Kepala Balai Bahasa Riau, Agus Sri Danardana menjelaskan, ajang tersebut merupakan kegiatan tahunan yang digelar pihaknya untuk meningkatkan kemampuan masyarakat khususnya remaja dalam menggunakan Bahasa Indonesia yang baik. 

Selain itu meningkatkan sikap positif masyarakat terhadap Bahasa Indonesia, mempertebal identitas, jati diri dan karakter bangsa Indonesia di kalangan generasi muda. "Kita berharap, kegiatan ini semakin diminati kalangan remaja. Semakin diminati berarti minat remaja terhadap pengembangan Bahasa Indonesia juga semakin meningkat," ujarnya. (fit)

Sumber: http://haluanriaupress.com/index.php/pekanbaru/halaman-09/1876-liza-dan-rama-duta-bahasa-riau-2012.html

1 komentar:

ok mengatakan...

Alhamdulillah, semangat ya ram. :)